HAMPIR bisa dipastikan, semua orang pernah ke pasar, mall, atau pusat perbelanjaan lainnya, termasuk Anda. Kalau kita pergi pasar tradisional misalnya, kita bisa menyaksikan, bagaimana lalu lalang orang dan barang disana. Ada yang masuk ke toko dan ada pula yang diboyong ke luar toko oleh pembeli.
Transaksi berjalan terus dan uang mengalir ke pemilik toko. Dan bisa saja Anda berpikir, Andai saja bisa memiliki toko sendiri di pasar itu. Namun tiba-tiba Anda berpikir, betapa merepotkan harus datang setiap pagi lalu pulang sore hari. Kemudian terpikir lagi, dari mana modal membeli atau menyewa toko?
Dengan lokasi pasar yang strategis dan dikunjungi banyak orang, tentu saja biaya sewa toko akan mahal. Dan lalu, keinginan untuk menjalankan naluri bisnis tadi pun terhenti.
Padahal, jangankan harus punya modal sewa toko dan repot datang, sebenarnya Anda bahkan bisa membuat toko dalam sebuah pasar, dengan hanya sambil tiduran. Semua hanya butuh sentuhan kreatifitas dengan menggunakan HP di tangan, atau mungkin PC di kamar tidur.
Mungkin, saat membaca ke tahap ini, Anda akan mengatakan, "Ah..., ujung-ujungnya, ngajak jualan online juga."
Memang benar. Tulisan ini, mungkin serupa dengan yang lain, juga membahas soal berjualan di online. Hanya saja, kami ingin mencoba menggugah semangat Anda dari sudut pandang, bahwa memiliki toko dalam sebuah pasar di dunia online, sebenarnya mudah terwujud.
Selama ini, orang enggan berjualan online dengan berbagai alasan, misalnya masalah kepercayaan, juga kekurangtahuan soal pasar online, yang sekarang banyak tersedia di dunia maya. Padahal hanya dengan pengenalan sedikit lalu mendaftar buka toko online, peluang menghasilkan uang dengan jumlah lumayan, tidak lagi sulit.
PELAJARI LINGKUNGAN ANDA
Memang, jangan pula langsung terbayang, bahwa dengan benaran sambil tidur, maka jualan online akan lancar jaya. Sebab, segala sesuatu selalu butuh rancangan dan perencanaan. Dan semua tentu didukung naluri bisnis Anda sendiri.
Benar bisa sambil tiduran, tapi tentu saja semua sudah ada dalam rencana. Misalnya memahami dulu, apa yang hendak dijual, kepada siapa dijual, dan dari mana sumber barangnya. Dan sebenarnya, semua ini sudah tersedia, apalagi dengan adanya kota besar dengan berbagai ragam kondisi sosial manusia di dalamnya.
Artinya, apa pun yang kita niatkan untuk dijual, pasti ada peminat dan juga sumber barang. Sehingga tugas kita barangkali adalah, mensinkronkan barang yang tersedia dengan selera masyarakat. Atau mencari tahu apa yang lagi diminati, kemudian memasarkannya kepada peminat tadi.
Itulah yang dinamakan mempelajari atau menguasai lingkungan. Dan jangan salah, bahwa bicara online, maka lingkungan bukan lagi sebatas RT/RW atau kelurahan. Tapi sudah sangat luas, sejauh mana Anda mampu menelusuri lokasi di internet. Kalau Anda tinggal di Medan, maka lingkungan Anda bisa sampai ke Jakarta. Luas.
Dengan mengenali calon pembeli dan menguasai asal barang, maka sebenarnya Anda sudah membangun jalur bisnis Anda sendiri. Selanjutnya, Anda tinggal menghubungkannya saja. Mudah atau sulit? Itu kembali ke cara atau dari sudut mana kita memandangnya.
MASUK KE PASAR
Dan sekarang Anda tinggal melihat, di pasar mana Anda mau berjualan atau membuka toko. Saat ini, ada banyak pasar online (marketplace) di Indonesia, mulai dari Lazada, Bukalapak, Tokopedia, Elevenia, AliExpress, Qoo10 Indonesia, Jualo, Blanja, Blibli, hingga ke AliBaba, dan eBay.
Masing-masing situs pasar online ini, punya tata cara sendiri untuk mendaftar dan gratis. Anda tinggal membuka situsnya, lalu pelajari caranya. Selanjutnya ikut petunjuk yang diberikan.
Kemudian, masing-masing situs juga punya tata cara tersendiri dalam bertransaksi. Semua dalam kontrol situs yang kita masuki, mulai dari saat kita menggelar dagangan, nego, hingga pembayaran. Sehingga memang, dengan membuka toko di situs-situs ini, keamanan akan lebih terjamin, karena melibatkan pihak ketiga dan tentunya masing-masing sudah punya nama baik.
Lalu apakah Anda bisa buka toko di luar pasar online? Tentu saja bisa. Sama seperti kios atau toko yang ada di luar pasar, maka di dunia online juga ada kios atau lapak pribadi di luar pasar online atau marketplace tadi. Anda bisa berjualan melalui media sosial lain misalnya Facebook. Atau bisa menggunakan situs online OLX atau Kaskus.
Baik Facebook/Instragram, OLX, atau Kaskus, hanya lebih berperan sebagai media iklan dagangan kita. Segala transaksi akan langsung terjadi antara kita sebagai penjual dengan pembeli. Disinilah diuji bagaimana kita membangun kepercayaan kepada calon pembeli.
TENTUKAN DAGANG APA
Sebagaimana disinggung di atas, jika ingin membuka toko online, terlebih dahulu tentunya Anda memutuskan jenis barang atau mungkin jasa yang akan dijual. Selain soal pasar, ada hal-hal lain yang juga menjadi perhatian, misalnya bentuk barang (apakah bisa dikemas atau tidak), pesaing, dan lainnya.
Berikut adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan terkait dagangan online:
Bentuk Fisik dan Kurir:
Berdagang online, tentunya nyaris tidak terlepas dari kirim-mengirim serta packing. Untuk ini, pastikan bahwa dagangan Anda memungkinkan untuk dipacking. Sebenarnya hampir seluruh barang dagangan bisa dikirim, mulai dari yang mudah pecah hingga ke bentuk cair. Anda hanya memastikan, bagaimana Anda bisa memackingnya. Sekarang banyak dijual bahan-bahan untuk packing misalnya stereofoam, dan lainnya. Anda tinggal menginventarisasi dimana bahan-bahan itu bisa diperoleh. Selain itu, kardus juga umum digunakan dan mudah diperoleh di kios seputaran rumah Anda. Selanjutnya data kurir-kurir yang ada. Di pasar online, biasanya juga ada aturan soal ongkos kirim. Namun tak ada salahnya Anda juga memahami soal ini. Cari tahu biaya pengiriman per kg. Ini perlu, untuk menentukan biaya ongkos kirim kepada pembeli, terutama kalau Anda jualan lewat Facebook/Instragram atau OLX. Umumnya hitungan pengiriman adalah minimal satu kg. Satu-satunya yang menggunakan gram adalah PT Pos Indonesia. Ini bisa menjadi pertimbangan, mana yang lebih murah, paket per kg atau per gram.
Segmen Pasar
Ini juga sudah disinggung di atas, yaitu kepada siapa barang dijual. Namun ada hal lain, yaitu soal keunikan. Dan biasanya, barang yang unik, kemungkinan laku lebih besar daripada yang umum. Jika kita bisa membuat dagangan yang spesifik, maka akan sangat membantu toko online kita. Ini bisa mempengaruhi ketertarikan pembeli kepada barang lainnya yang kita tawarkan. Selain itu, soal keunikan ini juga membantu kita bersaing dengan pedagang online lainnya.
Info Dagangan
Informasi mengenai barang yang akan dijual adalah sebuah keharusan. Memang kita sudah menyertakan foto dalam penawaran, namun itu belum cukup. Kita harus membuat penjelasan soal barang dan tentunya mesti jujur. Penjelasan bisa meliputi warna yang tersedia, bahan, kondisi (kalau barang bekas), orisinalitas (ori atau KW), dan lain sebagainya. Semakin banyak info yang kita lampirkan bersama foto, akan semakin bagus. Info juga termasuk harga. Mengenai harga juga sangat perlu memperhatikan pasar. Kalau barang dagangan kita lebih mahal, tentunya akan jadi persoalan juga. Lain hal, kalau dagangan kita itu unik dan spesifik atau memang jarang, mungkin Anda bisa lebih leluasa menentukan harga. Dalam menentukan harga, perhitungkan juga biaya packing dan ongkos kirim.
MODAL KEPERCAYAAN
Salah satu yang harus selalu diingat dalam berjualan online adalah, menjaga kepercayaan. Sekali kepercayaan kepada kita hilang, maka akan sangat sulit mengembalikannya. Kejujuran harus selalu dikedepankan. Kalau ada masalah setelah transaksi, selesaikan dengan kepala dingin. Biasakan menyimpan hasil pembicaraan (chatting), untuk bukti kalau ada komplain. Mulailah usaha Anda, segera buka toko di pasar online maupun tersendiri. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa memotivasi Anda untuk memulai.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Menyoal Istilah Samosir Kepingan Surga
SAYA tergelitik dengan sebuah ucapan bernada protes dalam sebuah grup WA. Seseorang di grup WA parSamosir itu minta agar jangan lagi men...
-
SAYA tergelitik dengan sebuah ucapan bernada protes dalam sebuah grup WA. Seseorang di grup WA parSamosir itu minta agar jangan lagi men...
-
HINS (Harmonious Ideal and Natural-Sound Seeker) adalah salah satu perekam yang berjaya pada masa pra-lisensi. Dan tentu saja sebagaiman...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar